Program Kampus Mengajar 5 di SDN Giriwangi
Kampus Stie Sintis Terbuka mengajar merupakan salah satu program MBKM yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan pembelajaran di luar kampus selama satu semester lamanya. Kampus Mengajar ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membantu pihak sekolah sasaran dalam meningkatkan kemampuan Literasi dan Numerasi peserta didik.
Kampus mengajar yang dilakukan saat ini sudah masuk pada angkatan ke 5. Selain itu juga tidak semua sekolah didatangi oleh mahasiswa kampus mengajar, karena dalam program kampus mengajar ini hanya sekolah sasaran yang didatangi oleh para mahasiswa. Dimana setiap sekolah juga hanya kedatangan satu kelompok mahasiswa, yang berjumlah 2 – 6 mahasiswa setiap kelompoknya.
Hal yang dilakukan mahasiswa di sekolah sasaran bukan hanya mengajar, tetapi membuat suatu program kerja yang nantinya akan meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik di sekolah sasaran. Sekolah sasaran yang kami datangi merupakan salah satu sekolah dasar yang ada di Kota Tasikmalaya, kecamatan Kawalu yaitu SD Negeri Giriwangi yang berada di kelurahan Urug.
Kelompok kami yang bertugas di SDN Giriwangi berjumlah 3 orang mahasiswi yang berasal dari Perguruan Tinggi yang berbeda. Selama menjalankan tugas di sekolah sasaran, kami juga dibimbing oleh seorang Dosen Pembimbing Lapangan yang berasal dari Universitas Muhamadiyah Tasikmalaya.
Program yang kami rancang tentunya berdasarkan dari hasil kebutuhan sekolah, karena sebelum merancang suatu program kami juga diinstruksikan untuk melakukan observasi terlebih dahulu di sekolah sasaran. Setelah melakukan observasi, selanjutnya kami merancang program yang akan kami laksanakan di sekolah.
Beberapa program yang kami laksanakan pada Kampus Mengajar 5 di SDN Giriwangi ini yaitu program yang sudah disetujui oleh Dosen Pembimbing Lapangan serta pihak sekolah, diantaranya yaitu:
- Dalam bidang Literasi
dalam hal literasi kami melakukan penataan ulang perpustakaan dan reaktivasi perpustakaan sekolah. Yaitu dengan memilah dan mielih buku bacaan untuk jenjang SD; Mengadakan pembelajaran literasi melalui gambar dan alat peraga; Pembelajaran literasi dengan membuat kesimpulan dari buku yang telah dibaca; serta pembelajaran literasi melalui tebak kata dan deskripsi kata dalam bentuk permainan.
- Bidang Numerasi
Pada bidang numerasi kami melaksanakan pembelajaran numerasi dengan mengerjakan soal-soal numerasi dari contoh-contoh soal AKM, atau soal AKM yang sebelumnya; serta melakukan pembelajaran numeradi dengan bermian tebak perkalian.
- Adaptasi Teknologi
Adaptasi teknologi ini diimplementasikan pada peserta didik kelas 4, hal ini bertujuan untuk melatih peserta didik dalam menggunakan teknologi, khususnya dalam penggunakan chromebook atau laptop. Hal ini juga untuk mempersiapkan peserta didik kelas 4 yang nantinya saat mereka naik ke kelas 5 dan melaksanakan AKM, mereka tidak akan terlalu mengalami kesulitan dalam mengoperasikan perangkatnya. Karena dalam pelaksanaan AKM ini peserta didik menggunakan chromebook yang sudah disediakan oleh pihak sekolah.
- Menciptakan Lingkungan berbudaya Literasi dan Numerasi
Dalam menciptakan lingkungan yang berbudaya literasi dan numerasi, kami melaksanakan beberapa program, diantaranya yaitu mengadakan MADING, Pohon Harapan, Papan Literasi, Tangga Numerasi, Literasi Lingkungan, Visiting Library (kunjungan rutin ke perpustakaan), serta gerakan efisiensi sekolah dengan menghidupkan kembali perpustakaan/pengelolaan perpustakaan.
- SDGs
Pada SDGs ini, kami melaksanakan kegiatan mendaur ulang dengan memanfaatkan kembali barang bekas menjadi barang yang bisa dipakai kembali.
- Lainnya
Program lainnya yaitu melakukan sosialisasi mengenai PMM atau Platform Merdeka Mengajar untuk para guru. Selain itu juga kami melaksanakan pelatihan Soal AKM untuk peserta didik kelas 4, dengan tujuan untuk mempersiapkan mereka dalam menghadapi AKM Kelas nantinya. Dan juga kami melaksanakan AKM kelas untuk kelas 5, dengan tujuan mengukur kemampuan literasi dan numersi peserta didik kelas menggunakan pretest dan juga postest.